Buat Domain Sendiri
Home » » Contoh BAB V Skripsi - Penutup

Contoh BAB V Skripsi - Penutup

BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini yaitu mengenai lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia. Lingkungan kerja yang baik dan kondusif akan mempengaruhi kepuasan kerja dan disiplin kerja, sehingga kinerja karyawan juga akan meningkat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakan, wawancara dan menyebarkan angket (kuesioner) kepada seluruh karyawan PT. Mediate Indonesia.

Berdasarkan data yang didapat dari PT. Mediate Indonesia, kinerja sekuruh karyawan dirasa kurang memuaskan. Data pendukung yang dapat dijadikan tolak ukur mengenai kinerja seluruh karyawan PT. Mediate Indonesia ialah data mengenai absensi karyawan. Pelanggaran terhadap absensi karyawan cenderung meningkat setiap bulannya. Pelanggaran tersebut berupa ketelatan (late), ketidakhadiran (absent), dan tidak melakukan absen di pagi hari (no absent). Dari data tersebut dapat diketahui ketidakdisiplinan karyawan yang mencerminkan kinerjanya.

Penelitian ini menunjukan bahwa variabel lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja dan disiplin kerja. Variabel lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Mediate Indonesia. Selain itu lingkungan kerja juga berpengaruh positf dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ketika di PT. Mediate Indonesia merancang lingkungan kerja yang baik dan kondusif, maka karyawan juga akan merasakan kepuasan kerja dan disiplin kerja karyawan juga akan meningkat.

Selain hasil bahwa lingkungan kerja dapat mempengaruhi disiplin kerja karyawan, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa ketika kepuasan kerja karyawan meningkat, maka disiplin kerja karyawan PT. Mediate Indonesia juga akan meningkat.

Disiplin kerja karyawan PT. Mediate Indonesia dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan kepuasan kerja karyawan, serta bebrapa faktor lain di luar penelitian ini. Jika PT. Mediate Indonesia menginginkan karyawannya untuk menerapkan disiplin kerja yang tinggi, maka perusahaan harus merancang lingkungan kerja yang baik dan membuat karyawan puas dengan pekerjaannya.

Terakhir, pada penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan disiplin kerja secara simultan (bersama-sama) dapat mempengaruhi kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia. Namun, dengan melihat nilai signifikan yang dihasilkan, diketahui bahwa variabel lingkungan kerja dan kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Sementara itu, yang mempengaruhi kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia hanyalah variabel disiplin kerja. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia dipengaruhi oleh disiplin kerja karyawan. Maka, ketika disiplin kerja karyawan ditingkatkan, kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia juga akan meningkat.

Berdasarkan hasil hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia dipengaruhi oleh disiplin kerja karyawan. Apabila disiplin kerja karyawan tinggi, maka kinerja yang dihasilkan juga akan tinggi, sebaliknya jika disiplin karyawan rendah, maka kinerja karyawan juga rendah. Untuk menjaga kinerja karyawan yang tinggi, maka diperlukan lingkungan kerja yang baik dan kondusif yang akan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Selanjutnya lingkungan kerja dan kepuasan kerja karyawan tersebut akan mempengaruhi disiplin kerja karyawan PT. Mediate Indonesia. Sehingga membantu meminimalkan pelanggaran kediplinan karyawan yang nantinya akan berdampak pada kinerjanya.

5.2 Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis ingin menyampaikan beberapa saran yang diharapkan dapat memberikan masukan dan manfaat kepada PT. Mediate Indonesia dalam upaya meningkatkan kinerja karyawannya.

Jika dilihat dari frekuensi jawaban responden mengenai lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan disiplin kerja, rata-rata responden menjawab cukup setuju. Hal itu berarti perusahaan telah cukup baik dalam merancang lingkungan kerja yang kondusif dan perusahaan telah cukup baik dalam menciptakan kepuasan kerja karyawannya, serta disiplin kerja karyawan juga cukup baik. Namun, alangkah lebih baik lagi perusahaan meningkatkan lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan displin kerja dikarenakan:
  1. Hasil penelitian menunjukan bahwa lingkungan kerja akan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dan akan berpengaruh positif pula terhadap disiplin kerja.
  2. Hasil peneltiain menunjukan bahwa disiplin kerja akan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Untuk menghasilkan kinerja karyawan yang tingi, maka PT. Mediate Indonesia terlebih dahulu harus membuat lingkungan kerja yang telah cukup baik menjadi lebih baik lagi, sehingga kepuasan kerja karyawan juga akan meningkat lagi. Ketika lingkungan kerja sudah lebih baik dan kepuasan kerja karyawan juga tinggi, dengan begitu disiplin kerja karyawan juga akan meningkat, yang nantinya tentu akan lebih mengingkatkan kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia di tahun-tahun yang akan datang.

Dengan melihat variabel yang mempengarui kinerja karyawan PT. Mediate Indonesia pada peneltian ini yaitu hanya disiplin kerja dengan pengaruhnya 0,510. Oleh karena itu, jika ingin meningkatkan kinerja karyawan, maka disiplin kerja karyawan juga harus ditingkatkan, khusunya faktor semangat karyawan yang tinggi, sikap kerja karyawan yang baik, dan hadir tepat waktu. Hal ini dikarenakan faktor tersebut merupakan faktor yang paling tinggi nilai pengaruhnya terhadap disiplin kerja dengan nilai factor loading masing-masing sebesar 0,976, 0976, dan 0,975.

Namun, yang perlu diperhatikan oleh PT. Mediate Indonesia ialah terdapat variabel lain yang mempengaruhi disiplin kerja. Pada penelitian ini lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap disiplin kerja. Artinya, jika lingkungan kerja dan kepuasan kerja meningkat, maka kepuasan kerja juga akan meningkat. Selain itu, pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa peningkatan lingkungan kerja juga akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan PT. Mediate Indonesia.

Saran selanjutnya yaitu dengan melihat hasil dari coefficient, bahwa pengaruh lingkungan kerja (β=0,541) terhadap disiplin kerja lebih besar dari pengaruh kepuasan kerja (β=0,456) terhadap disiplin kerja. Dengan begitu, sebaiknya PT. Mediate Indonesia lebih meningkatkan lingkungan kerja karyawan, sehingga nanti pengaruhnya terhadap disiplin kerja juga ikut meningkat. Apabila melihat dari loading faktor dari lingkungan kerja, faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja sudah tinggi, semua diatas 0,900, khususnya faktor lingkungan organisasi dengan factor loading sebesar 0,997. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan lingkungan organisasinya, dimana lingkungan organisasi itu sendiri terdiri dari nilai dan filosofi organisasi dengan factor loading 0,984, ssstem kerja dengan factor loading sebesar 0,979, dan prosedur dengan factor loading sebesar 0,971.

Pada intinya, saran penulis kepada PT. Mediate Indonesia ialah agar perusahaan meningkatkan faktor lingkungan organisasi perusahaan karena dengan begitu lingkungan kerja perusahaan juga akan meningkat, selanjutnya lingkungan kerja akan meningkatkan kepuasan kerja dan disiplin kerja karyawan. Peningkatan terhadap faktor lingkungan kerja yaitu dengan meningkatkan lingkungan organisasinya dengan sendirinya akan meningkatkan kepuasan kerja yang juga berpengaruh positif terhadap disiplin kerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian itu, disiplin kerja yang tinggi tentu akan menghasilkan kinerja yang tinggi pula. Dengan kinerja karyawan yang tinggi, maka pelanggaran-pelanggaran terhadap nilai kedisiplinan terutama mengenai pelanggaran terhadap data kehadiran (absensi) karyawan akan menurun dan menghasilkan pekerjaan yang optimal.

0 komentar:

Post a Comment

Sudah baca isinya? terimakasih bagi anda yang mau koment, kritik dan saran anda sangat berguna untuk saya dalam mengshare artikel seputar pembelajaran


Pasang Iklan di Phantomdeni.id